Mikroskop Holografi dengan Interferometer Michelson

Perangkat keras sistem mikroskop holografi digital ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan penelitian holografi di Institut Teknologi Bandung.


Holografi

Penelitian ini merupakan pengembangan dari pembuatan perangkat keras mikroskop holografi dijital konfigurasi off-axis dengan Interferometer Michelson. Perangkat keras sistem mikroskop holografi digital ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan penelitian holografi di Institut Teknologi Bandung. Perangkat keras mikroskop holografi dijital ini direalisasikan dengan menggunakan bahan akrilik yang dipotong menggunakan teknologi laser cut.

Berkas laser dioda pointer kelas IIIA berwarna hijau dengan panjang gelombang sekitar 533 nm yang berasal dari pointer disebar dan diluruskan dengan menggunakan beam expander untuk mendapatkan berkas laser yang paralel dan homogen. Berkas laser yang paralel dan homogen diharapkan dapat meningkatkan kualitas berkas interferensi sehingga diperoleh gambar hologram yang baik.

Pengujian berkas laser dioda yang keluar dari beam expander dilakukan dengan mengukur dimeter berkas laser menggunakan milimeter blok. Diketahui dari hasil pengukuran terdapat penyebaran berkas dengan sudut penyebaran sebesar 0.012° dan dihasilkan berkas yang cukup homogen sehingga layak digunakan sebagai sumber cahaya pada mikroskop holografi.

Pengujian kinerja perangkat keras dilakukan dengan cara merekam citra hologram dijital dari objek uji. Dari hasil perekaman, hologram yang didapatkan merupakan hologram yang baik karena dapat merepresentasikan ciri fisik objek yang diamati.

 

Bookmark the permalink.

Comments are closed