Kehidupan Kampus

Berkuliah di Institut Teknologi Bandung tidak selamanya tentang kegiatan di dalam kelas dan tugas kuliah saja. Berada di ITB juga adalah saat dimana para mahasiswa dapat mengembangkan soft skills, membangun jaringan, serta mengembangkan bakat dan hobi.

Di ITB, terdapat lebih dari 100 Organisasi Kemahasiswaan yang terdiri atas: Keluarga Mahasiswa, Himpunan, serta Unit Kegiatan Mahasiswa berbasis olahraga, seni dan budaya, agama, media, serta pendidikan dan keilmuan. Seluruh mahasiswa ITB memiliki kesempatan untuk bergabung pada organisasi kemahasiswaan tersebut serta berpartisipasi dalam ratusan kegiatan kemahasiswaan yang diadakan setiap tahunnya. Informasi lebih lengkap mengenai kegiatan organisasi kemahasiswaan dapat dilihat di http://km.itb.ac.id/site/.

Lokasi dan Fasilitas Kampus

Kegiatan perkuliahan Teknik Biomedis berada di kampus Jalan Ganesha. Dengan lokasinya yang sangat strategis serta dekat dengan jalan yang populer di Bandung (Jalan Ir. H. Juanda/Dago), kampus ITB menyediakan kemudahan akses ke fasilitas yang diperlukan untuk menunjang kehidupan sehari-hari mahasiswa.

Fasilitas kesehatan, olahraga, tempat makan, dan pusat perbelanjaan sangat mudah diakses dari lokasi kampus ITB. Di dalam lingkungan kampus ITB sendiri terdapat berbagai fasilitas yang disediakan oleh kampus, antara lain: Bumi Medika Ganesha sebagai penyedia layanan kesehatan bagi mahasiswa, Sasana Olahraga Ganesha yang mencakup berbagai jenis fasilitas olahraga (lapangan sepak bola, lintasan lari, kolam renang, pusat kebugaran), kantin-kantin yang tersebar di dalam area kampus ITB, perpustakaan, dan sebagainya.

Selain itu, ketersediaan berbagai jenis moda transportasi yang melintasi kampus ITB juga dapat membantu para mahasiswa dalam menjalani aktivitas sehari-harinya. Terdapat beberapa rute angkutan kota dan bus kota yang melintasi lingkungan kampus ITB. Selain itu ada pula layanan bus pulang pergi dari kampus Ganesha ke kampus Jatinangor untuk mahasiswa.

Tinggal di Bandung

Bagi para mahasiswa yang berasal dari luar kota Bandung, terdapat berbagai macam pilihan untuk tinggal di Bandung selama menjalani kegiatan perkuliahan. Kos dan asrama mungkin dapat menjadi pilihan utama sebagai tempat tinggal. Wilayah kos mahasiswa dan mahasiswi ITB tersebar di berbagai wilayah yang berada di sekitaran kampus ITB di Jalan Ganesha. Kawasan Pelesiran, Kebon Bibit, Cisitu, Tubagus Ismail, Kanayakan, hingga Dago Atas biasanya menjadi pilihan bagi para mahasiswa untuk bermukim selama berada di Bandung.

ITB sendiri menyediakan asrama bagi para mahasiswa dan mahasiswi. Asrama untuk mahasiswa berada di Jalan Sangkuriang dan Jalan Kidang Pananjung. Sedangkan asrama untuk mahasiswi berlokasi di Jalan Kanayakan. Asrama tersebut per tahunnya masing-masing dihuni oleh mahasiswa sejumlah 60-120 orang.

Biaya hidup di kota Bandung juga relatif terjangkau jika dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Terkait dengan keuangan, mahasiswa ITB memiliki kesempatan yang sangat besar untuk dapat memperoleh beasiswa. Lebih dari 9.000 beasiswa disalurkan pada tahun 2013 bagi para mahasiswa program sarjana.

Comments are closed