Magister


Landasan teori mahasiswa akan diperkuat dan, kemudian, akan diterapkan secara langsung dalam pemodelan, perancangan, dan pembangunan sistem biomedika, baik perangkat keras, maupun perangkat lunak.
  • Gelar: Magister Teknik (M.T.)
  • Akreditasi BAN-PT: A
  • Program Studi: Teknik Elektro (EL) dengan bidang khusus Teknik Biomedika
  • Sekolah/Fakultas: Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)
  • Total SKS: 36 SKS dalam 3-4 semester
  • Penerimaan 2017: Penerimaan Program Pascasarjana ITB

Teknik Biomedika merupakan suatu bidang multidisiplin yang menerapkan berbagai metoda rekayasa, sains, dan teknologi untuk menyelesaikan persoalan kedokteran dan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Sebagai pelopor pendidikan teknik biomedika di Indonesia, Program Magister Teknik Elektro dengan bidang khusus Teknik Biomedika ITB menawarkan pengalaman akademik, aktivitas riset, dan kerja sama antar bidang ilmu. Pada program ini landasan teori mahasiswa akan diperkuat dan, kemudian, akan diterapkan secara langsung dalam pemodelan, perancangan, dan pembangunan sistem biomedika, baik perangkat keras, maupun perangkat lunak.

Bidang teknik biomedika sangat luas dan mencakup antara lain pengembangan dan pemeliharaan instrumen kedokteran serta peralatan rehabilitasi medis, akuisisi dan pengolahan sinyal-sinyal fisiologis, pencitraan dan pengolahan citra medis, termasuk penerapan teknologi informasi untuk menunjang kegiatan layanan kesehatan.

Program Magister bidang khusus Teknik Biomedika saat ini menyediakan empat program akademik:

  • Program Reguler

    Program Reguler ditempuh selama 3-4 semester dengan total 36 SKS.

  • Program Fast-track

    Program ini menawarkan program pendidikan sarjana dan magister selama 5 tahun. Mahasiswa diwajibkan untuk menyelesaikan total 180 SKS dengan rincian 144 SKS S1 dan 36 SKS S2. Mata kuliah S2 dapat diambil sewaktu mahasiswa masih menempuh program sarjana.

  • Program Sandwich/Double Degree

    Program ini merupakan kerja sama antara ITB dengan universitas di luar negeri antara lain di Belanda, Jerman, Korea, dan Malaysia. Mahasiswa akan memperoleh gelar Magister Teknik dari ITB dan gelar Master dari universitas partner di luar negeri dengan rincian minimal 12 SKS diselesaikan di ITB, sisanya di universitas partner di luar negeri.

  • Program Khusus

    Program ini dapat diadakan dengan permintaan khusus dari instansi pemerintah/lainnya.


Kurikulum magister terdiri dari 24 SKS mata kuliah wajib jalur Teknik Biomedika dan 12 SKS mata kuliah pilihan yang dapat disesuaikan dengan minat mahasiswa.

Pendaftaran mahasiswa baru Program Magister Teknik Elektro dengan bidang khusus Teknik Biomedika dilakukan secara terpusat oleh ITB melalui Program Pascasarjana ITB.

 


Pertanyaan yang sering diajukan

Program Studi Magister Teknik Elektro adalah 1 dari 2 Program Studi Magister yang ada di STEI. Setiap calon mahasiswa Magister Teknik Elektro memilih 1 bidang khusus. Salah satu opsi yang tersedia adalah bidang khusus Teknik Biomedika

Comments are closed