Sarjana


Perlunya sinergi antar disiplin ilmu mendasari berdirinya Teknik Biomedis yang mengakomodasi adanya integrasi rekayasa (engineering), ilmu kedokteran, dan biologi.
  • Gelar: Sarjana Teknik (S.T.)
  • Akreditasi BAN-PT: A
  • Sekolah/Fakultas: Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)
  • Total SKS: 144 SKS dalam 4 tahun
  • Penerimaan 2017: SNMPTN dan SBMPTN

Di bawah naungan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB, Teknik Biomedis berkembang menjadi sebuah program studi sarjana yang sangat erat kaitannya dengan pengolahan informasi untuk keperluan medis. Dengan standar tinggi penerimaan mahasiswa, Teknik Biomedis mengundang putra-putri bangsa untuk bergabung melayani kesehatan negeri dengan pemanfaatan teknologi.


Pendidikan teknik biomedis di ITB bermula pada tahun 1998 dengan dibukanya jalur pilihan Teknik Biomedika di bawah Departemen Teknik Elektro. Pada tahun 2015, Program Studi Sarjana Teknik Biomedis menerima mahasiswa pertama kali.

Kurikulum Program Sarjana Teknik Biomedis dirancang memiliki 3 jalur pilihan, yakni (1) jalur instrumentasi, imaging, dan telemedicine, (2) jalur sel dan rekayasa biomolekular, dan (3) jalur informatika biomedika.

Pendaftaran mahasiswa baru program sarjana Program Studi Teknik Biomedis dilakukan secara terpusat oleh ITB melalui SNMPTN dan SBMPTN.

Lebih dari 70% mahasiswa sarjana ITB menerima beasiswa di tahun 2014.

 

Pertanyaan yang sering diajukan

Program Studi Sarjana Teknik Biomedis adalah 1 dari 6 Program Studi Sarjana yang ada di STEI.

Program Sarjana Teknik Biomedis terakreditasi A oleh BAN-PT.

Ketua Program Studi Sarjana Teknik Biomedis:

Dr. Widyawardhana Adriprawita, S.T., M.T.

Telp: +62 22 2534117

Email: wadiprawita@yahoo.com

Comments are closed