Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi

Bahasa Indonesia:

  1. Mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah rekayasa kompleks berdasarkan prinsip ilmu rekayasa, sains, dan matematika
  2. Mampu menerapkan prosedur desain rekayasa (engineering design) untuk menghasilkan solusi rekayasa yang memenuhi spesifikasi kebutuhan yang telah ditetapkan, dengan mempertimbangkan aspek kesehatan masyarakat, keamanan, kesejahteraan, dan faktor global, kultural, sosial, lingkungan, dan ekonomi.
  3. Mampu berkomunikasi efektif dengan audiens yang beragam
  4. Menyadari tanggung jawab etis dan profesional dalam situasi di lapangan, dan mempergunakan pertimbangan aspek tersebut untuk membuat penilaian/keputusan rekayasa (informed judgement), dengan mempertimbangkan dampaknya dalam lonteks global, sosial, kultural, dan lingkungan.
  5. Mampu bekerja efektif dalam tim, termasuk secara bersama-sama dengan anggota tim lain membina kepemimpinan dalam tim, lingkungan kerja yang kolaboratif dan inklusif, dan kecermatan dalam menetapkan sasaran, merencanakan pembagian tugas, dan memenuhi tujuan
  6. Mampu menyusun dan melaksanakan prosedur eksperimen, analisis, dan interpretasi data yang sesuai dengan karakteristik masalah, dan dapat menarik kesimpulan yang tepat berdasarkan penilaian ilmiah-rekayasa
  7. Mampu mencari, mempelajari dan menerapkan pengetahuan baru secara mandiri sesuai kebutuhan, dengan mempergunakan strategi pembelajaran yang sesuai
  8. Mampu menerapkan prinsip dasar rekayasa, biologi, fisiologi manusia, kimia, fisika berbasis kalkulus, matematika (persamaan diferensial) dan statistik.
  9. Mampu memecahkan masalah rekayasa bio/biomedika, termasuk yang terkait dengan interaksi sistem hidup dan tak-hidup.
  10. Mampu menganalisis, memodelkan, merancang, dan merealisasikan devais, sistem, komponen, atau proses rekayasa bio/biomedika
  11. Mampu melakukan pengukuran terhadap sistem hidup dan menginterpretasikan data hasil pengukuran tersebut

English:

  1. An ability to identify, formulate, and solve complex engineering problems by applying principles of engineering, science, and mathematics
  2. An ability to apply engineering design to produce solutions that meet specified needs with consideration of public health, safety, and welfare, as well as global, cultural, social, environmental, and economic factors
  3. An ability to communicate effectively with a range of audiences
  4. An ability to recognize ethical and professional responsibilities in engineering situations and make informed judgments, which must consider the impact of engineering solutions in global, economic, environmental, and societal contexts
  5. An ability to function effectively on a team whose members together provide leadership, create a collaborative and inclusive environment, establish goals, plan tasks, and meet objectives
  6. An ability to develop and conduct appropriate experimentation, analyze and interpret data, and use engineering judgment to draw conclusions
  7. An ability to acquire and apply new knowledge as needed, using appropriate learning strategies
  8. Applying principles of engineering, biology, human physiology, chemistry, calculus-based physics, mathematics (through differential equations) and statistics;
  9. Solving bio/biomedical engineering problems, including those associated with the interaction between living and non-living systems;
  10. Analyzing, modeling, designing, and realizing bio/biomedical engineering devices, systems, components, or processes; and
  11. Making measurements on and interpreting data from living systems.

Comments are closed.